Review Buku Gratis (Chris Anderson)

Gratis-Chris Anderson
Gratis-Chris Anderson

Gratis: Harga Radikal yang Mengubah Masa Depan
Oleh: Chris Anderson

ISBN    :    9789792258820
Rilis    :    2010
Halaman    :    324p
Penerbit:    Gramedia
Bahasa    :    Indonesia
Rp.60.000

————-

Fenomena Gratis yang Menghasilkan Uang

Oleh: m457312 – 19 July 2010

Mungkin Anda sudah sering menggunakan Google, Gmail, Yahoo, Yahoo Mail, RapidShare, GNU/Linux atau software dan fasilitas gratis lainnya, seperti Game Online. Atau mungkin Anda termasuk yang suka tipikal ‘Beli 1, Gratis 1’. Namun, pernahkan Anda bayangkan dan rasakan bagaimana penerbangan Gratis? Dan seberapa sering muncul dalam benak Anda, bagaimana ya mereka memperoleh penghasilan atau keuntungan?

Dalam buku Gratis : Harga Radikal yang Mengubah Masa Depan – dengan judul asli Free : The Future of a Radical Price – yang ditulis oleh Chris Anderson seorang Editor in Chief Wired.com membahas bagaimana hal-hal tersebut diatas, bahkan yang lebih ekstrem dari itu, dapat menjadi gratis. Anda dapat menemukan berbagai implementasi Gratis dalam berbagai industri serta bagaimana implementasi tersebut tetap dapat memperoleh penghasilan.

Anderson menuliskan bahwa model Gratis ini sudah ada sejak lama. Model ini kerap ditemukan dengan promosi ‘Beli 1, Gratis 1’ dan yang serupa dengannya; atau gratis perangkat handphone bila berlangganan penyedia jasa komunikasi untuk sekian periode. Dan seiring berkembangnya dunia digital dan internet, Gratis menjadi semakin memungkinkan. Konsep ekonomis Gratis ini ternyata sudah diadaptasi dari organisasi pemula hingga organisasi seperti Ted.com.

Lalu bagaimana secara ekonomi hal ini mungkin? Secara garis besar, Gratis dimungkinkan karena :
1.Subsidi Silang
2.Aktualisasi Diri Individu
Subsidi Silang sendiri terdiri dari berberapa macam, baik itu subsidi silang dari produk, pihak lain, dari pengguna lain dan lain sebagainya. Anderson membahas cukup banyak contoh dari subsidi silang ini. Sedangkan Aktualisasi Diri Individu merupakan kebutuhan manusia untuk mendapatkan penghargaan dari kontribusinya ke komunitas.

Lebih lanjut Anderson mengupas bagaimana konsep yang serupa, termasuk pembajakan, diterapkan di negri Cina dan Brasil dengan suksesnya, terutama dalam industri hiburan. Dan di akhir buku, Anderson membuat ringkasan taktik Freemium, aturan Gratis dan model bisnis Gratis yang dapat diterapkan.

Buku ini secara umum sangat baik untuk dibaca oleh mereka-mereka yang bergerak di bidang pemasaran, pelaku bisnis dan mereka yang hendak memulai bisnis. Contoh-contoh implementasi Gratis (dan bagaimana uang didapat) diberbagai industri yang disertakan oleh Anderson sangat memberi inspirasi. Namun demikian, tidak serta merta konsep dan contoh yang ditawarkan dapat dengan segara diimplementasikan di budaya Indonesia. Menurut saya, masih perlu penyesuaian dengan budaya Indonesia.

Ada beberapa bagian dalam buku ini yang sebenarnya tidak perlu dibahas panjang-panjang, sehingga buku akan lebih ringkas. Sebab, saya kira target pasar untuk buku ini untuk umum dan cenderung ke pasar yang telah saya sebutkan pada paragraf sebelumnya. Dan yang disayangkan pula, Anderson tidak Walk the Talk. Ia menulis tentang fenomena dan dahsyatnya konsep Gratis, namun ia tidak sepenuhnya memberikan buku digital Gratis secara gratis Oh betapa kontradiksinya….

—————-
Pemesanan Buku klik link berikut:
http://www.bookoopedia.com/daftar-buku/pid-32398/gratis-harga-radikal-yang-mengubah-masa-depan.html

2 thoughts on “Review Buku Gratis (Chris Anderson)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s