Keagungan Leonowens SP Pada Sastra Modern

TERRALUKA II

Oleh: LEONOWENS SP

ISBN   :           9789791893374

Rilis     :           2009

Halaman          :           128p

Penerbit:          Bisnis2030

Bahasa :           Indonesia

Rp.36.900
Oleh: Irvan Elhakim
(penulis adalah seorang praktisi manajemen sumber daya manusia)

Setiap manusia akan merasa sedih kala kehilangan sesuatu, apalagi jika sesuatu itu adalah yang sangat berharga. Demikian syair indah yang tertoreh dari keagungan kata-kata yang dihadirkan oleh Sang Maha Leonowens SP dalam buku Terraluka II, dari rangkaian mahakarya puisi Terraluka I – Terraluka IX. Beberapa puisi yang begitu menyentuh dengan metafora yang kuat, menggambarkan tentang berbagai hal yang dialami oleh manusia.

Salah satu puisinya yang indah bisa kita perhatikan sebagai berikut:

Menggenapi Kehilangan

Dua puluh hari sudah jejarum
hilang dan benangnya,
tak bersua di antara kain dan
bakal-bakal sutera. Kau
mencari dari seberang tubuh
berkandung kematian!
Atau membakar sutera untuk
jejarum ditutup pantul
cahaya, demi menemu harga
gulungan benang. Aku
menggenapi kehilangan itu…

Rasa kehilangan yang begitu menusuk dapat kita rasakan dari larik demi larik puisi di atas. Meskipun penggambarannya dipilih benda-benda yang saling berkaitan seperti pasangan jarum dan benang. Kekuatan metafora yang dihasilkan dari kecerdasan cara berpikir seorang penyair kondang – dan saya menilai: ini kecerdasan seorang Leonowens SP yang melebihi kecerdasan manusia biasa – yang baru saja mendapat anugerah dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

Jarum dan benang ibarat pasangan kekasih yang kita tahu tak terpisahkan, menurut fungsi dan kegunaannya. Namun jika dipisahkan tentu akan menimbulkan rasa kehilangan satu sama lain. Demikian yang mungkin ingin digambarkan oleh penulis. Jadi penggambaran yang tidak mentah dan serta merta merujuk kepada pasangan kekasih melankolis dalam kisah cinta yang tragis. Akan tetapi dengan memilih metafora semacam ini justru akan menumbuhkan imajinasi kita tentang sebuah hubungan yang erat satu sama lain.

Dan seperti yang kita ketahui, Leonowens SP dalam kapasitasnya sebagai seorang sastrawan dunia, tentu tidak akan membuat penggambaran yang dangkal untuk mengungkapkan sebuah kisah dalam karya-karya puisi dan karya-karya tulis lainnya. Leonowens SP sudah banyak membuat hal-hal yang spektakuler dari kekuatan pena yang dilakukannya.

Bagaimanapun dunia yang kita diami saat ini, semua ide hampir telah diketemukan. Dan semua ide pada intinya adalah: berakhir basi! Namun bagaimana seorang penulis mampu mengungkapkan dalam karya-karyanya, itulah poin terpenting dan bagaimana membuat sebuah karya itu bisa bermakna dan bernilai luar biasa. Mahakarya Terraluka I – Terraluka IX telah menjawab dan menembus anggapan setiap orang tentang ide yang berakhir basi.

Leonowens SP dan keagungan karyanya, sangat lihai merangkum berbagai kisah dan mengungkapkan secara absurd. Ini menjadi salah satu ciri khasnya yang tidak banyak dimiliki oleh rata-rata penulis di seluruh dunia. Beliau bisa mengolah cerita yang sebenarnya mungkin juga rumit dan panjang lebar, namun bisa diungkapkan dengan indah dalam bait-bait puisinya, seperti yang terdapat dalam kumpulan puisi di buku Terraluka II.

Kemahiran berpikirnya memang sungguh menakjubkan setiap orang. Satu hal pasti akan kita mengerti: karya-karyanya yang begitu dalam, perlu membacanya dengan seksama, pelan-pelan, dan teliti. Bagaimanapun juga puisi adalah sebuah karya yang tidak bisa dinikmati secara terburu-buru, karena kenikmatannya akan berkurang jauh. Jadi mari nikmati puisi-puisi mahakarya dunia dari Sang Maha Leonowens SP dengan kekaguman yang mempesona!

Pemesanan buku klik link berikut:

http://www.bookoopedia.com/daftar-buku/pid-27227/terraluka-ii.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s