[Review Buku] Totto-chan’s Children

Buku	:	Totto-chan's Children: 
                A Goodwill Journey to the Children of the World - 
                Anak-Anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan 
                untuk Anak-Anak Dunia
Oleh	:	Tetsuko Kuroyanagi
ISBN	:	9789792250107
Rilis	:	2010
Halaman	:	328p
Penerbit:	Gramedia Pustaka Utama (GPU)
                 Bahasa	:	Indonesia

Anak-anak Masa Depan Dunia

Review oleh: Lenny Merry

seharus nya kita tidak perlu berperang dan menebar ego, karena kita tidak di lahirkan untuk saling membenci, kita di lahirkan untuk saling mengasihi.

Dear Tetsuko Kuroyanagi,

Buku yang sungguh amat sangat luar biasa, walaupun tertulis tahun tahun kunjungan anda waktu itu saya masih sebagai pelajar dan sekarang di usia saya, saya tahu lebih jelas lagi masa depan dari anak anak di beberapa negara di dunia. Saya ingat dulu sekali waktu saya masih kecil ketika saat makan dan makanan saya tidak habis mami saya akan bilang “coba lihat di somalia kelaparan nga bisa makan enak seperti kita bahkan untuk minum saja susah, masa kamu buang buang nasi” kata kata itu sangat ampuh membuat saya dengan segera menghabiskan makanan di piring.
Atau ketika saya merengek rengek minta sesuatu tapi pada hal saya tidak membutuhkan nya dan lagi lagi mami saya akan bilang “gunakan yang ada kalau masih bagus ngapain beli lagi, anak anak seusia kamu di negara nya yang sedang perang mereka malah tak punya seperti yang kamu punya” dan lagi lagi saya bisa meredam keinginan itu.
Atau ketika saya malas sekolah kembali mami saya akan mengingatkan akan hal hal di belahan dunia lain yang anak anak seusia saya yang tidak bisa sekolah juga anak anak seusia saya di negeri saya sendiri yang tidak mampu sekolah. Dan sampai akhir nya saya menemukan sendiri hal hal tersebut yang mami saya selalu katakan. Lebih miris malah….

Membaca perjalanan catatan mu membuat saya kangen mami saya dan sekaligus sedih ternyata sejak saya kecil sampai dengan usia saya sekarang belum ada perubahan, perang, kelaparan yang sangat berdampak besar dalam merengut masa depan anak anak.

Saya tak perlu membahas tiap negara yang anda kunjungi, semua orang akan / pasti tahu di belahan bumi sekarang ini peperangan yang mengatasnamakan untuk perubahan menuju kebaikan atau apapun tetap membawa dampak bagi anak anak di negara tersebut. Ya tetap anak anak yang merupakan tombak masa depan suatu bangsa tercetak malah menjadi seperti kondisi keadaan para pemimpin negaranya saat ini, menyedihkan…

Miris, sedih ketika membaca catatan perjalanan anda dan menceritakan anak anak di dunia, saya jadi ingat akan anak anak di negeri saya, saya percaya anda pasti pernah mendengar dan tahu tentang negeri saya Indonesia dan saya percaya, anda juga pasti mengakui negeri saya begitu besar, subur, makmur dan terkenal dengan ramah tamah di para wisatawan.

Dalam kenyataan nya sangat jauh, di beberapa daerah di bagian timur yang pernah terliput oleh media di negeri ini adanya anak anak kekurangan gizi yang tidak selaras akan kaya dan makmur nya hasil bumi.
Dalam kenyataan nya masih banyak anak anak di pelosok sana yang belum terjangkau akan fasilitas pendidikan yang layak.
Dalam kenyataan nya masih banyak anak anak tumbuh menjadi egois tanpa mereka mau peduli pada orang lain.
Dalam kenyataan nya masih banyak anak anak yang cacat dari keluarga tak mampu belum mendapatkan hak fasilitas kesehatan yang pernah di janjikan oleh mereka.
Dalam kenyataan nya masih banyak penjualan anak anak ntah menjadi budak atau sebagai pelacur.
Dalam kenyataan nya masih banyak anak anak di eksploitasi menjadi pohon uang dengan alasan bahwa itu hobby dari anak tersebut yang dalam analisa saya dalam usia mereka tersebut mereka belum dapat mengerti arti kata dari hobby maupun definisi nya.
Dalam kenyataan nya negeri yang sungguh subur dan makmur, penekanan pembangunan dan otonomi daerah yang di canangkan ternyata tak mampu menghapus semua itu.
aahh… tahu apa saya soal itu semua, mungkin juga saya salah mendeskripsikan nya.

Saya sangat berharap ada orang seperti anda di negeri saya yang membuka itu semua kepada para pemimpin terhormat dan pada masyarakat lain untuk melihat negeri kami lebih beruntung sungguh sangat beruntung dari negara negara lain dan seharus nya hal hal tersebut di atas dapat di atasi.

salam

Leave a Reply

