GEMBA KAIZEN: Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah Bagi Perbaikan

Gemba Kaizen (Hard Cover)
Gemba Kaizen
Oleh: Masaaki Imai

ISBN	:	9794423238
Rilis	:	2011
Halaman	:	514p
Penerbit:	PPM - Bisnis2030
Bahasa	:	Indonesia
Rp.135.000

Gemba Kaizen memperkenalkan sebuah istilah baru ke dalam khazanah manajemen Barat. Gemba berarti tempat kerja, dan buku ini menjelaskan bagaimana menggunakan pendekatan akal sehat dan berbiaya rendah dalam mengelola tempat kerja—tempat di mana nilai tambah diciptakan—yang dapat berupa jalur produksi, kantor penerimaan klaim, maupun kantor akuntan. Buku ini bukanlah buku teori, namun buku untuk bertindak. Pesan utama yang dikandungnya adalah, berapa pun tambahan pengetahuan yang diperoleh pembaca, tidaklah akan memberikan manfaat bila hal itu tidak diterapkan dalam praktik sehari-hari. Gemba Kaizen bukan lebih banyak menyajikan pengetahuan teoritis, namun lebih banyak menyajikan kerangka acuan sederhana yang digunakan dalam pemecahan masalah. Untuk itu, buku ini memuat banyak lembar periksa, contoh, dan studi kasus.

PENDEKATAN AKAL SEHAT, BERBIAYA RENDAH BAGI PERBAIKAN

Para manajer masa kini banyak menerapkan berbagai perangkat dan teknologi canggih dalam menghadapi masalah yang sebetulnya dapat dipecahkan dengan pendekatan akal sehat, berbiaya rendah. Mereka perlu menanggalkan apa yang pernah dipelajarinya dalam menerapkan teknologi yang makin canggih dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Menerapkan akal sehat dalam praktik adalah pokok bahasan dari buku ini, yang ditujukan bagi semua orang: manajer, insinyur, supervisor, maupun karyawan biasa. Bersamaan dengan penerapan akal sehat ke dalam praktik sehari-hari, Gemba Kaizen juga membahas peran manajer serta kebutuhan untuk membangun organisasi pembelajar (learning organization). Saya yakin bahwa salah satu peran dari manajer puncak seharusnya adalah menciptakan tantangan bagi semua manajer-nya dalam mencapai sasaran yang lebih tinggi. Di sisi lain, supervisor perlu selalu menciptakan tantangan bagi karyawan agar mereka selalu melaksanakan tugasnya dengan cara yang makin baik. Sayangnya, banyak manajer masa kini yang telah melupakan peran tersebut.

Masalah lain yang sering menghinggapi kebanyakan perusahaan saat ini adalah memberi penekanan berlebih pada mengajarkan pengetahuan, serta mengabaikan nilai mendasar dari kelompok pembelajar yang memperoleh pengetahuan dari penalaran, disiplin diri, keteraturan/ketertiban, dan ekonomi. Manajemen yang baik hendaknya memprakarsai perusahaan untuk mempelajari nilai-nilai ini, di samping mengupayakan sistem “manajemen yang ramping”.

Ada dua macam pendekatan dalam memecahkan masalah. Yang pertama berkaitan dengan inovasi, yang menerapkan teknologi berbiaya tinggi, seperti komputer canggih dan berbagai perangkat lainnya yang disertai pembelanjaan sejumlah besar dana. Yang kedua menggunakan perangkat akal sehat, lembar periksa, dan teknik-teknik sederhana yang tidak melibatkan terlampau banyak biaya. Pendekatan ini disebut kaizen. Kaizen melibatkan semua orang, dimulai dari CEO dalam organisasi, semuanya merencanakan dan bekerja untuk mencapai sukses. Buku ini akan menunjukkan bagaimana kaizen dapat mencapai peningkatan bermakna-nyata sebagai elemen pembangun yang mempersiapkan perusahaan dalam meraih pencapaian yang benar-benar mengesankan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s