Belajar nulis yukkk!

Siapa yang suka nulis? Mungkin beberapa buku di bawah ini bisa jadi referensi. Belajar nulis yukkk!

Rahasia Penulis Hebat seri Menciptakan Karakter Tokoh  

A. Fuadi, Ali Muakhir, Boim Lebon, Dewi Dedew Rieka, Donatus A. Nugroho, Eka Kurniawan, Fahri Asiza, Gol A Gong, Kinoysan, Kurnia Effendi, Mayoko Aiko, Ollie, Pipiet Senja, Putra Gara, Sefryana Khairil, dkk

Keberadaan karakter tokoh dalam suatu cerita adalah hal yang sangat penting.

Salah satu tantangan menjadi penulis adalah mampu menciptakan karakter tokoh yang berkesan dan “hidup” di hati para pembaca. Penulis-penulis hebat seperti Ahmad Fuadi, Gol A Gong, Eka Kurniawan, Donatus A. Nugroho, dan sederet penulis hebat lainnya; dengan senang hati membagikan rahasia mereka dalam menciptakan karakter tokoh dengan baik dalam buku ini.

Setiap penulis memiliki rahasia dalam menciptakan karakter tokoh. Ada yang mengalir dalam imajinasi mereka begitu saja; ada yang terinspirasi dari orang-orang di sekeliling; dan ada yang bahkan membutuhkan sebuah riset karakter tokoh.

Buku ini tentunya bermanfaat bagi kamu yang ingin mulai menulis atau berprofesi sebagai penulis.

***

Rahasia Penulis Hebat seri Membangun Setting Lokasi

Akmal Nasery Basral, Ary Nilandari, Benny Arnas, Ceko Spy, Chairil Gibran Ramadhan, Clara Ng, Gol A Gong, Hanna Fransisca, dkk.

Ada yang bilang, buku adalah jendela dunia. Dengan buku, kita dapat bertualang ke tempat-tempat yang paling jauh dan bahkan mustahil untuk kita kunjungi. Kita dapat begitu terlibat di dalam cerita, suasana, dan lokasi yang digambarkan penulis. Setting yang digambarkan dengan baik bahkan dapat menambah “hidup” para tokoh yang ada dalam sebuah kisah.

Apa rahasia para penulis sampai bisa menarik pembaca untuk masuk ke dunia di dalam karya mereka? Temukan jawabannya di buku  ini!

***

How to Be A Writer  

Primadonna Angela 

Bagian Pertama:
Zoya Zinnia yakin dirinya genius dalam menulis. Bukankah Bu Molly, guru Bahasa Indonesia-nya, selalu berkata demikian? Sayang, Bu Molly cuti dan digantikan Bu Selma. Guru yang satu ini, sudah nggak bisa dandan, payah pula dalam mengenali bakat. Apa perjalanan Zoya sebagai penulis harus berhenti gara-gara Bu Selma?

Bagian Kedua:
Berminat menjadi penulis? Nggak hanya sekadar mimpi. Di sini akan dipaparkan cara mengejar ide dan mengembangkannya, sehingga kamu pun, asal tekun, bisa menyelesaikan naskahmu sendiri.

***

Jadi penulis fiksi? Gampang kok!

Ari Wulandari 

Siapa bilang kalau menulis itu sulit? Siapa bilang kamu nggak punya bakat? Siapa bilang kalau penulis itu aneh dan nggak gaul?

Intinya, ada banyak hal yang menghalangi seseorang untuk mulai menulis. Mungkin kamu juga, yang sering nggak pede buat bikin tulisan. Sebenarnya kamu pengin jadi penulis tetapi nggak tahu gimana caranya, plus takut dicap negatif. Padahal keinginan itu begitu kuat, apalagi untuk menerbitkannya jadi buku. Apalagi kalau baca kisah sukses JK Rowling, Dan Brown, juga Rahmanita. Pengin seperti mereka, populer, banyak teman dan pastinya banyak uang.

Tapi rasanya bakat kok nggak ada nih. Masa sih? Sebenarnya tiap orang bisa kok menjadi penulis. Nggak percaya? Simak terus deh, uraian dalam buku ini. Atau sudah pernah nulis tapi bingung, kok ceritanya sampai kemana-mana ya? Trus gimana dapatin idenya? Gimana cara membangun karakter tokoh? Gimana ngembangin cerita biar menarik dan nggak ngebosenin? Masih banyak segudang pertanyaan yang ada di benakmu, yang pastinya akan terjawab.

Buku ini pas banget buat kamu yang baru memulai, yang sedang menulis, bahkan yang sudah pernah menulis untuk lebih mengerti tentang bagaimana menulis fiksi yang menarik. Ditulis oleh penulis fiksi yang sudah banyak menghasilkan karya, membuat buku ini semakin berbobot.

***

 

JADI PENULIS TAK HARUS PINTAR. TETAPI….

P B8 

Buku ini membuka cakrawala pandangan orang awam terhadap Penulis. Selama ini orang beranggapan bahwa seseorang harus “Pintar” agar bisa menjadi Penulis. Buku ini juga membuka rahasia P B8 dalam menghasilkan buku yang tidak terikat dengan segala macam teori-teori penulisan. Sehingga buku ini sangat mudah dipraktekkan oleh siapapun yang bercita-cita menjadi Penulis. Buku sederhana ini bukan bertujuan menggampangkan proses menulis, tetapi memang menulis itu tidak sulit.

 ***

Jadi Penulis? Siapa Takut!

Alif Danya Munsyi 

Anda ingin jadi penulis? Mau menulis apa? Fiksi (cerpen, novel, drama, puisi) atau nonfiksi(berita, kritik, esai, kolom)? Tidak ada saran untuk hanya memilih salahsatu dari semua itu. Malahan, Anda disarankan untuk melakukan semuanya.

Alif Danya Munsyi—alias Remy Sylado, seorang penggiat seni yang melahirkan banyak karyamasterpiece di bidang sastra, musik, teater, dan tetap aktif hingga saat ini—membahas semua itu dalam buku ini. Dengan gaya yang unik dan mengasyikkan, Remy menjabarkan banyak hal bagi Anda yang ingin menjadi penulis atau ingin memperdalam wawasan yang berhubungan dengan kepenulisan.

Tak hanya tips dan trik menulis, Remy juga menulis tentang pentingnya membaca, bakat, kemauan belajar, proses kreatif, sejarah tulis-menulis, sejarah sastra, pengaruh gaya dan visi kepenulisan, dan banyak lagi. Ini buku yang sangat lengkap untuk menyelam dalam dunia kepenulisan!

_____________________________________________________________________________________________

Jadi bagi kalian yang ingin belajar menulis buku, mungkin buku-buku di atas bisa jadi panduan dalam membantu kalian. Untuk info dan pemesannan buku di bookoopedia, silakan langsung klik pada foto bukunya.

One thought on “Belajar nulis yukkk!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s