Fact or Fiction: Doppelganger

Fact or Fiction: Doppelganger

 

 

 

Pernah mendengar istilah doppelganger? Dalam kehidupan modern, orang sering menggunakan istilah ini untuk menggambarkan kemiripan wajah seseorang dengan orang lain yang bukan saudara kembarnya. Namun, apa makna doppelganger sebenarnya?

Secara harafiah, doppelgaenger adalah kata yang berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan gaenger (perjalan). Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan sosok makhluk yang sangat mirip dengan seseorang. Refleksi jadi ciri utama untuk membedakan manusia asli dengan doppelganger, dimana si kembaran palsu biasanya digambarkan tidak memiliki pantulan dicermin atau air. Para doppelganger biasanya memberikan saran atau nasihat pada orang yang ditirunya tapi berupa arahan yang sesat. Mereka juga bisa menciptakan ide dan menyalurkan pada korban atau kerabat orang yang ditiru dengan tujuan untuk membuat mereka binggung. Dalam beberapa kasus, orang yang melihat kembaran mistisnya sendiri (meski sekali saja) maka ia akan terus dihantui oleh sosok tersebut. Kejadian melihat doppelganger juga biasa diartikan sebagai pertanda buruk. Jika yang melihat doppleganger adalah kerabat atau teman maka itu merupakan pertanda bahwa orang yang ditirunya akan menderita sakit atau terancam bahaya. Jika orang melihat doppelganger -nya sendiri, itu adalah pertanda bahwa ia akan mati dalam waktu dekat. Sungguh mengerikan!

 

Doppelganger juga sering muncul dalam berbagai cerita, misalnya dalam novel Twelft Night dan A Tale o Two Cities, doppelganger bukan digambarkan seperti hantu melainkan kerabat yang memiliki wajah yang betul-betul identik, atau orang yang secara kebetulan memiliki wajah sama walau tidak memiliki hubungan darah. Versi lain dari doppelganger dalam dunia fiksi adalah shapeshifter, mahluk yang dapat mengubah diri menjadi siapa saja. Ada juga yang menceritakan bahwa shapeshifter ialah suatu ras anomali yang memiliki kemampuan meniru yang luar biasa. Cerita mengenai shapeshifter ini juga sudah sering diangkat dan dalam dunia modern bisa ditemukan dalam cerita Supernatural atauFringe. Pada perkembangannya, doppelganger juga dikaitkan dengan alternate universe yang menjelaskan bahwa ada alam semesta lain. Contoh doppelganger dalam cerita lain adalah dalam The Vampire Diaries. Di sini dikisahkan doppelganger dari keturunan. Di antara sekian banyak keturunan, akan ada keturunan yang memiliki wajah yang sama persis dan hal ini terjadi dalam waktu yang cukup lama.

 

Bukan hanya dalam cerita fiksi, konon kasus doppelganger juga pernah terdengar dalam dunia nyata. Kasus Emilie Sagee adalah salah satu laporan kemunculan doppelganger paling fenomenal karena disaksikan oleh 10 orang lebih. Laporan ini ditulis oleh Robert Dale Owen dengan narasumber Julie von Guldenstubbe, seorang keturunan aristocrat Latvian. Diceritakan bahwa pada tahun 1845, Von Guldenstubbe yang saat itu berumur 13 tahun bersama murid-murid lainnya yang berjumlah antara 13 sampai 42 orang, menyaksikan gurunya yang bernama Emilie Sagee muncul tengah hari di sekolahnya, Pensionat von Neuwelcke. Padahal saat itu sang guru harusnya tengah terbaring karena sakit keras. Menurut pengakuannya, Emilie Sagee menjadi tampak sehat dan bertingkah mirip dengan guru mereka yang asli. Namun, doppelganger itu tidak dapat disentuh. Abraham Lincoln pun mengaku pernah melihat kembaran dirinya sendiri.  Sedangkan dalam ilmu psikologis, fenomena doppelganger dapat dipicu oleh kelainan mental seperti schizophrenia, yang berkelanjutan dengan paranoia dan delusi.

 

Dikutip dari berbagai sumber

Ada yang punya komentar seputar doppelganger?

 

Buku tentang doppelganger

sini atau di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s