Business Simulation – Capitalism

Business Simulation – Capitalism

Oleh: Herman Sidharta

Apakah anda pernah terpikir untuk menjadi pengusaha? sudah membayangkan apa yang akan anda lakukan jika menjadi pengusaha? langkah-langkah apa saja yang akan anda jalankan?

Jika jawaban anda adalah “Ya”, mungkin anda bisa mencoba Business Simulation Game – Capitalism.

Trevor Chan sebagai designer game ini memang luar biasa, pada tahun 1996, setahun setelah game ini pertama kali di luncurkan, Harvad University dan Stanford University menggunakan game untuk tujuan pendidikan bisnis.

Professor Tom Kosnik dari Stanford Univesity mengatakan, “Capitalism (game) is a world-class, hands-on learning experience I’ve used at Stanford School of Engineering and Harvard Business School. Gamers not only learn the subtleties of growing an entrepreneurial business but also learn about leadership and team building necessary in any business situation.”

Pada game yang disebut sebagai “…the most realistic, detailed business sim on the market today, and one of the best economic games of all time” oleh PC Gamer ini, anda bisa merancang usaha anda mulai dari Hulu sampai Hilir.

Misalkan jika anda memilih menjual Roti, anda bisa menentukan apakah bahan baku tepung anda beli dari tempat lain, atau membuat sendiri, jika anda memilih membuat sendiri makan siapkan dana anda untuk membuat pabrik tepung.. tapi tunggu.. darimana gandum untuk membuat tepung ? anda harus mempersiapkan sumber gandum anda, anda bisa membuat pertanian tempat anda menanam gandum.

Tak hanya alur produksi yang harus anda atur, manajemen di dalam pabrik/toko anda pun bisa anda atur, lokasi antara pabrik dan toko anda akan mempengaruhi biaya transport, bagaimana anda mengiklankan produk anda, bagaiman anda meningkatkan kompetensi karyawan dengan menyediakan dana pelatihan. pehatikan juga laporan keuangan anda, karena itu yang menjadi tolak ukur performa keseluruhan usaha anda.

Variasi produk yang ada juga sangat banyak, mulai dari Roti, permen karet, obat batuk, komputer, handphone, mobil, tongkat golf, dan banyak lagi.

Cara membuat masing-masing produk juga berbeda-beda, misalkan untuk membuat mobil, siapkan dulu besi, kaca dan tempat duduk untuk membuat badan mobil, lalu siapkan mesin dan ban nya.

Pernah terpikirkan bagaimana cara memproduksi permen karet ?

Game ini juga dapat dimainkan oleh banyak orang sekaligus, anda dapat bermain dengan teman-teman anda dan bersatu sebagai partner bisnis… atau mungkin juga sebagai kompetitor.

Jika anda ingin bermain sendiri, anda juga dapat melakukannya, game ini akan mempersiapkan beberapa Artificial Intelligence sebagai kompetitor.

Versi terakhir dari game ini Capitalism II, di luncurkan tahun 2001, waktu yang sudah cukup lama memang, banyak sekali yang menantikan kapan Elight Studio sebagai Developer dari game ini membuat versi lanjutannya.

Jika anda tertarik untuk menjadi pengusaha, coba saja game ini, maka perjalanan belajar anda sudah sejalan dengan MBA lulusan Harvad dan Stanford. Jika saat memainkan game ini anda kurang sukses, mungkin itu artinya anda harus lebih banyak membaca buku-buku tentang kiat-kiat berbisnis dan berusaha. Beli bukunya dimana ? tentu di Bookoopedia!😀

sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Capitalism_(video_game)

http://en.wikipedia.org/wiki/Capitalism_II

http://www.enlight.com/capitalism2/

One thought on “Business Simulation – Capitalism”

  1. Thanks for the idea ? I haven?t reviewed any filter bottles ever, which is why I don?t tend to recommend them, however, my pals who have used them like them. Most I?ve seen are plastic though which is another downer. I?ll have to look into your stainless

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s